LOMBA BALITA SEHAT DI KOMPLEK BALI PERMAI JALUR II RT 03/RW 01 DESA TELUK KAPUAS

Authors

  • Elise Putri
  • Katarina IIt

Keywords:

Balita, Teluk Kapuas

Abstract

Latar belakang : peningkatan kecerdasan, produktifitas dan Sumber Daya Manusia (SDM) dimulai dengan pembangunan pada masa anak-anak. Dalam keseluruhan siklus hidup manusia, masa balita merupakan masa yang paling menentukan dalam pembangunan manusia yang handal. Karena merupakan masa yang paling kritis terutama ditinjau daria spek pertumbuhan dan perkembangannya. Ironisnya tidak semua pihak menyadari bahwa tumbuh dan berkembangnya generasi muda ini dimulai dari keluarga.

Metode : kegiatan ini dilaksanakan menggunakan metode pengukuran deteksi dini tumbuh kembang pada balita dengan instrument lembar observasi

Hasil : kegiatan ini diikuti 14 orang balita dengan melakukan penilaian pada status ibu, perilaku sehat, pemeriksaan gizi balita, Z-score, pemeriksaan fisik 10 tanda balita sehat, perkembangan anak dan status imunisasi.

Kesimpulan : Masa balita merupakan masa emas sekaligus masa kritis. Jika 1000 hari pertama kehidupan gizi tidak tercukupi maka akan menyebabkan berbagai masalah pada anak di kemudian hari dan pada akhirnya akan menjadi beban bagi keluarga, masyarakat dan Negara.

Published

2022-08-24